Manfaat Kondom

Perempuan.com- Tidak hanya laki-laki saja yang wajib memakai kondom ketika akan berhubungan intim dengan pasangannya, perempuan juga disarankan untuk memakai kondom untuk perempuan agar tercegah dari berbagai jenis penyakit seksual menular.
Bagi anda yang masih awam dengan kondom wanita, berikut terdapat cara memakai kondom wanita yang benar.
  • Kondom wanita memiliki dua macam ujung yang mana satu ujungnya dimasukan ke arah rahim dengan posisi tertutup dengan busa.
  • Busa tersebut memiliki fungsi untuk menyerap cairan sperma
  • Ujung kondom wanita yang terbuka terdapat cincin pada bagian dalam kondom. Cincin kondom tersebut berguna untuk memasukan dan menahan kondom di tempatnya.
  • Kemudian masukan ring kondom ke dalam vagina dengan menggunakan bantuan jari anda sendiri
  • Gunakan jari telunjuk untuk mendorong ring kondom sejauh mungkin hingga ke mulut rahim
  • Kondom siap untuk digunakan
Kemudian bagaimana cara melepas kondom wanita ini? ada beberapa cara untuk melepas kondom wanita jika sudah selesai digunakan. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Usai berhubungan intim, lepaskan kondom sebelum anda berdiri.
  • Ambil ring kondom bagian luar dan tarik hingga ring kondom bagian dalam keluar dari organ kelamin anda bagian dalam
  • Pada saat akan melepas, step yang perlu anda lakukan adalah dengan cara memeras dan memutar ring bagian luar kondom wanita.
  • Tarik pelan-pelan ring bagian luar tersebut dan buang kondom di tempat yang aman
Peran kondom wanita selain dapat mencegah penyakit seksual menular,  kondom wanita ini juga bisa bermanfaat sebagai alat kontrasepsi di mana alat kontrasepsi ini dapat berguna untuk mencegah kehamilan. Kehamilan tidak akan terjadi jika cairan sperma tidak dapat masuk ke dalam mulut rahim wanita.
Dengan menggunakan kondom wanita ini, cairan sperma yang dikeluarkan oleh organ kelamin laki-laki akan terserap oleh busa yang terdapat pada ring bagian dalam kondom wanita sehingga cairan sperma tidak bisa masuk ke dalam mulut rahim.
Jika dilihat dari fungsinya, kondom wanita ini memiliki fungsi yang sama dengan kondom  untuk laki-laki. Namun akan terlihat begitu berbeda ketika anda membandingkan bentuk kondom wanita dan kondom untuk pria. Kemudian cara penggunaannya pun sangat berbeda.
Jika kondom pria digunakan untuk penggunaan luar, kondom wanita ini digunakan untuk penggunaan semi luar dan dalam. Maksud dari penggunaan semi luar dan semi dalam adalah terdapat bagian kondom yang terpasang di luar dan ada juga bagian kondom yang terpasang di bagian dalam organ kelamin wanita.
Sama halnya dengan kondom untuk pria, kondom untuk wanita ini juga memiliki variasi warna dan aroma. Jika sebagian besar kondom pria memiliki aroma buah, cokelat, dll, kondom wanita ini juga memiliki aroma wangi yang disukai oleh pasangan prianya.